Home » , , » CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI WIN XP, 7, 8, Dll MENGGUNANKAN FLASHDISK DENGAN TUTORIALNYA

CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI WIN XP, 7, 8, Dll MENGGUNANKAN FLASHDISK DENGAN TUTORIALNYA

Written By A. Aziz Zaq Mubarock on Tuesday, 10 September 2013 | 11:09


SEPUTAR CYBER - Kali ini saya akan membagikan suatu cara yang sudah sering saya pakai dalam proses instalasi nah, jadi tak usah repot apabila anda mempunyai netbook, laptop, atau komputer yang tidak mempunyai CD ROOM nah tak usah khawatir saya akan membahas tentang INSTALASI SISTEM OPERASI MELALUI FLASHDISK dijamin lah anda bisa dengan mudah mengikutinya, menurut saya juga begitu karena saya juga mencobanya tanpa bantuan oranglain :D tapi dengan membaca baca artikel di Si Mbah hahhaha langsung saja cekidot :


Persiapan yang diperlukan hanya 3, yaitu :
1. Flashdisk minimal 4 Gb untuk Windows 7 dan 2 Gb untuk Windows XP.
2. Sumber Windows 7/XP (bisa dari DVD atau dari .iso file).
2. Software (Wintoflash) untuk Mentransfer CD installer Windows XP atau DVD installer Windows 7 ke Flashdisk, anda dapat mendownloadnya di sini.

*note : Memang banyak software yang bisa membantu kita untuk membuat bootable Flashdisk tetapi saya lebih cocok dengan WTF (Win To Flash) nah marilah kita coba

Langkah-langkah Mentransfer Windows installer ke Flashdisk
 

1. Download terlebih dahulu software WTF (Win To Flash) nya Bila anda belum punya,

2. Setelah selesai di download jalankan program WTF (Win To Flash) tersebut,


3. Saat Pertama kali dijalankan, Ada konfirmasi Persetujuan, (I Accept) kemudian Next- Next sampai Muncul Tampilan Windows Setup Transfer Wizard.
 



4. Windows Setup Transfer Wizard, Pilih Tab Advanced Mode, Kemudian untuk Windows 7 Pilih Transfer Windows Vista/2008/7/8 setup to USB drive, Kemudian klik Create. (Untuk Windows XP Pilih Transfer Windows XP/2003 setup to USB drive).



 

5. Pilih drive Sumber Windows (Biasanya kepingan CD/DVD Windows) dan drive flashdisk yang akan ditransfer.



6. Klik Run, Dan tunggulah beberapa menit sampai proses transfer selesai, biasanya sekitar 5-15 menit, tergantung kecepatan komputernya. Jika telah selesai di exit saja, dan Flash Disk sudah terinstall Windows dan dapat digunakan.

7. Masukan Flash Disk Ke Laptop/Netbook/Komputer sebelum dinyalakan.

8. Nyalakan Laptop, kemudian masuk ke Setup Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa Laptop lain, mungkin dengan menekan Esc, Del, F1 kadang F10).

9. Pilih setting Boot Pertama ke Flash Disk (USB), kemudian Exit dan Save, maka Laptop akan segera Restart.

10. Pada Langkah ini Instalasi Windows otomatis akan berjalan seperti biasa sebagaimana instalasi menggunakan DVD installer. Bila anda belum tahu cara instal dengan baik dengan benar bisa langsung saja anda lihat DISINI

11. Jika Instalasi Windows telah selesai, Kemudian akan Restart, dan pada saat itu Cabutlah Flash Disk  untuk menghindari pengulangan Setup Windows, Kemudian Windows akan berjalan dengan sendirinya untuk Instalasi Lanjutan (Finalizing Instalation).

Catatan: Untuk Windows XP saya belum mencobanya, mungkin flashdisk jangan dicabut dulu, dan setting booting pada langkah 9, dikembalikan lagi kesemula, jadi Hard Disk yang Pertama Boot.

12. Setelah Restart, maka Anda akan menemukan bahwa Proses Instalasi Windows telah Sukses. 
  Selamat, Mudah-mudahan berjalan lancar.

Share this article :

0 comments :

Post a Comment

 
Support : SEPUTAR CYBER | INFO TERUPDATE
Copyright © 2013. SEPUTAR CYBER - All Rights Reserved
Template Created by Thanks to Creating Website Published by Thanks to Mas Template
Proudly powered by Blogger